Kangen Kepada kekasih ooh…..!

Kangen atau rindu kepada seseorang yang pernah kita kenal ,  itu sangat wajar  dan bisa terjadi apabila bertemunya tadi  tidak terlalu sering. akan tetapi sebaliknya bukan rasa kangen dan senang bahkan  bisa membosankan.    Sebagaimana yang telah di jelaskan dalam hadists:

زر غبا تزدد حبا

Artinya: berziaralah (silaturrahmi) kamu kadang-kadang maka akan bertambah  rasa cinta dan kasih sayang.

jadi kangen kepada seseorang bisa berpahala kalau niatnya agar supaya tidak putus hubungan (silaturrahmi). Hubungan yang erat akan semakin kuat kalau hubungan tersebut didasari karena Allah. Bukan karena hal yang lain  yakni bukan karena dia kaya atau punya kedudukan melainkan mencari pahala dan ridlo Allah.

Seseorang akan bisa kangen/rindu dan senang bertemu dengan kita, kalau kita tahu diri dan jaga jarak adalah menjaga prilaku dengan baik, sehingga orang lain merasa nyaman dan senang bertemu. Menjaga perasaan orang lain ketika kita bertemu, baik itu dari segi bicara atau tingkah laku, itu adalah suatu sikap positip yang nantinya  akan menimbulkan orang lain akan merasakan kangen/rindu kepada kita. Kangen kepada seseorang tentunya orang tersebut sudah pasti kita kenal betul, tidak mungkin kita bisa kangen apabila orang tersebut tidak di kenal, baik deri sikap dan prilakunya.

Namanya perasaan yang ada pada diri seseorang, kita tidak bisa meraba apakah dia kangen atau tidak……. ?. Namun prilaku dan sikap kitalah yang akan  nantinya dia akan menimbulkan rasa  rindu dan kangen kepada kita. Prilaku yang baik sangat berpengaruh dan menimbulkan kengennya seseorang kepada kita, maka kalau kita disukai dan dikangeni  maka sikap kita adalah termasuk sikap yang positip. Karena yang namanya hati seseorang bisa suka dan bisa kangen apabila  perasaan (hati) nya,  kita baikin. Maka jagalah sikap kita  terhadap perasaan seseorang.karena yang namanaya hati mempunyai kecendrungan terhadap prilaku dan tingkah laku seseorang. sebagaimana yang telah di jelaskan dalam hadist

جبلت القلوب على من احسن اليها, وبغض من اساء اليه.ا

Artinya: hati mempunya watak(cendrung ) baik kepada seseorang yang berbuat baik kepadanya.dan benci kepada seseorang yang berbuat jahat kepadanya..

*Apabila kangen muncul tiba-tiba datang, ia akan rela dengan segala cara akan dilakukan sebagai pembuktian dan pengorbanan, bahwa kebahagiaan dan kegembiraan akan diperoleh, ketika waktu berjumpa dan bertatap muka. Kangen kepada seseorang akan bertahan lama apabila kangennya tersebut karena Akhlaknya, dan hanya untuk mencari pahala dan ridlo Allah, bukan karena mengharap yang lain.

Patut kita syukuri apabila seseorang kangen karena sikap dan perilaku kita yang baik, sebab berarti kita adalah termasuk seseorang yang mempunyai kepribadian baik yang disukai orang lain, yang seharuskan kita pertahankan, karena kepribadian yang baik sangatlah mahal harganya dibandingkan yang lain. Kangen kepada kita karena kebaikannya, orang tersebut perlu kita hargai dan kita hormati karena orang tersebut termasuk seseorang yang mempunyai kepribadian baik juga, sebab tidak mungkin orang yang baik akan kangen kepada seseorang yang tidak mempunyai kepribadian baik.

Kangen kepada seseorang tidak seharusnya langsung bertatap muka, bisa saja kangennya tersebut diungkapkan dengan cara mendo’akan yang terbaik untuknya, sebab tidak semuanya orang bisa bertemu secara langsung karena posisi seseorang sangatlah berbeda-beda; ada yang jauh yang tidak mungkin dan sulit untuk kita datangi atau jaraknya dekat namun jarak kedekatan tersebut sangatlah tidak mungkin juga untuk kita hampiri. Maka dengan cara mendo’akan adalah suatu jalan yang terbaik untuk menjalin hubungan yang sudah lama tidak bertatap muka. mungkin sangatlah berat sekali apabila tidak bertatap muka secara langsung, namun dengan cara mendo’akan dan ikhlas karena Allah, akan mengurangi kerinduan yang sudah lama terpendam.

Kangen dibagi menjadi dua macam (1). kangen negative (2). Kangen positif.

Bagaimana caranya, coba kita belajar dari nahwu,dan sorrof, jangan terlalu tinggi-tinggi Jurmia dan Kailani saja sudah cukup.

Kangen negative dibagi menjadi beberapa macam diantaranya ibaratkan:

  • لا النهى “Berpengaruh buruk” kangen seperti ini hanya bersifat semu (sesaat), atau ibarat laa nafi “tidak berpengaruh sama sekali” tidak tahan lama,tidak ikhlas dan tidak memberi mutifasi yang baik. Kalau kita perhatikan dari segi amalnya laa nafi/laa nahi adalah merubah arti sebaliknya.  contah   يشتاق Artinya kangen apabila kemasukan laa nahi/laa nafi, يشتاق لاArtinya jangan kangen/tidak kangen. jadi kangennya adalah berpengaruh buruk tidak berpengaruh positif, bersifat munafik cuma hanya dari mulutnya saja akan tetapi hatinya ingkar.
  • مضاف اسم atau فعل متعد ” Masih bergantung pada yang lain ” kangen seperti ini bersifat munafik juga, tidak tulus,tidak setia dan berpengaruh buruk, cuma ketika mendapat satu kenikmatan (kebahagiaan) saja ia senang mendampingi, akan tetapi sebaliknya ketika mendapatkan musibah ia menjauh.
  • عامل نواسخ “merusak hubungan”, atau حرف علة “menjadi firus”ketika sedang mendapat kebahagian, tiba-tiba ia memutuskan hubungan dengan segala cara dan berbagai macam alasan dan tidak masuk akal cuma hanya menuruti kemauannya saja.
  • جواب الشرطada dorongan”. Kangen seperti bukan timbul dari lubuk hatinya akan tetapi karena terpengaruh dan desakan dari oleh orang lain dengan alasan takut dimarahin atau gengsi, ,sedangkan hatinya tidak punya rasa sama sekali.
  • فعل امر : Egois/kardi( karepah dibi’).Kangennya tidak melihat kondisi orang lain apabila hatinya sudah kangen harus segera dituruti, tidak peduli orang yang dikangeni sibuk atau tidak.

Kangen paositif dibagi menjadi beberapa macam diantaranya ibaratkan.

  • نون توكيد “Saling menguatkan, mempererat”. Bagaiamanapun besarnya ombak/badai seperti halnya Tsunami,atau angin kenjang, itu tidak akan mempengaruhi sedikitpun. Kesungguhan dan kesetiaan tetap terjaga dan terpelihara. kangen seperti ini akan bertahan lama meskipun jarak telah memisahkan namun hati tetap bersatu (masih ada hubungan).kalau kita lihat dari amalnya nun taukit adalah menguatkan perkataan yang sebelumnya, hanya biasa-biasa saja seperti زيد مشتاق artinya zaid kangen, setelah Nun taukit masuk مشتاق ان زيدا Artinya sesungguhnya zaid benar-benar kangen. Perkataan tersebut adalah zaid benar-benar kangen dan sudah tidak diragukan kembali.
  • Huruf athaf و ” menyambung hubungan silaturrahmi dengan keikhlasan” kangen seperti ini bukan hanya mencari jaringan antara sesama melainkan mencari pahala, dengan cara menjalin hubungan persaudaraan yang diperkuat dengan silaturrahmi.
  • قد للتحقيق “bersungguh-sungguh,dan kekompakan tidak main-main”.kangen seperti adalah kangennya seseorang yang tulus mencintai apa adanya tidak pandang bulu baik itu keturunan bangsawan atau bukan..
  • قد للتكثير “murah hati: ingin berbuat baik” kangen seperti ini adalah Ia mempunyai kesalahan dan menyesal atas semua perbuatannya, kemudian ia rindu ingin berjumpa dan ingin meminta ma’af atas semua kesalahannya.
  • بدل اشتمال “mempunyai hubungan” kalau dilihat dari fungsi dari badal tersebut adalah بدل dan مبدل منه mempunyai hubungan akan tetapi tidak keseluruhan Artinya meskipun orang yang di kangeni tidak mungkin untuk kita hubungi secara langsung (bertatap muka) atau tidak bisa dicolling sekalipun Ia selalu ingat dan senantiasa mendo’akan yang terbaik untuknya.
  • تمييزtidak pamrih” kangen seperti ini adalah ketika menjalin hubungan tidak mengharap pujian dari orang lain,tidak peduli orang lain mengatakan apa. Ia konsisten dengan prinsipnya yaitu ingin berbuat baik kepada orang lain meskipun tanpa dipuji dan diketahui.
  • فعل مضارعjangka pendek dan jangka panjang” kangen seperti ini adalah dalam menjalin hubungan, bukan hanya sekedar mencari kesenangan sesaat melainkan untuk selamanya,sikap dan prilakunya tetap terpelihara dan terjaga sampai akhir hayat.
  • كل جمع مؤنث: “Berani “. Dalam menjalin hubungan ia berani bertanggung jawab, dan siap menanggung  semua resiko yang akan dihadapinya.sebagaimana yang telah diungkapkan dalam Sya’ir:

ان قومي تجمعوا #  ولقتلي تحدثوا

لا ابالي بجمعهم  #  كل جمع مؤنث

Contoh di bawah ini adalah sebuah percakapan anatara dua orang yang sudah lama tidak berjumpa.

نور الهدى وابوالخيرعزم”

  • هدى : السلا م عليكم ورحمة الله وبركاته.
  • عزم : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته.
  • هدى: كيف حالك يا استاذ
  • عزم    : بخير, الحمد لله, كما ترا.
  • هدى: لم أرك من مدة طويلة بعد خروجك من هذا المعهد, لقد غبت عني طويلة.
  • هدى    :  اعلم يا استاذ ان فكري مشغول بك , لا تسأل عن شوقي بك لكن لا ازورك, لاني اشتغل بتعليم التلاميذ في معهد الخيرات.
  • عزم     : سبحان الله يا استاذ لا اجدك تشتغل بتعليم التلاميذ,
  • عزم    : وكيف تحب تعلما في معهد الخيرات, اني اعجبك تنال خيرا لم يزل.
  • هدى    : لا ادري يا استاذ, ان الله قد قضاني بتعليمي هذالمعهد
  • عزم     : يا استاذ اين بيتك ؟
  • هدى    : بيتي امام دكان عيفئ كاني كارا فا كا لاران ملاع.
  • هدى    : اذا تزورني,اشكرك على زيارك.
  • هدى    : يا استاذ اسألك الان؟
  • عزم     : تسالني شيئا يا استاذ, تفضل؟.
  • هدى    : متى تذهب الى مدينة المنورة لزيارة مقام رسول الله.
  • عزم     :اذهب الى مدينة المنورة غدا ان شاء الله.
  • هدى    : متى تعود الى اندونسيا؟
  • عزم     :اعود  الى اندونسيا فىيوم الأربعاء اكوستوس,
  • ان شاء الله بعد مجيء المدينة المنورة اهديك                                    هدية……؟
  • هدى    : ماذا تهديني هدية, يا استاذ ؟
  • عزم    : ان شاء الله اعطيك هدية,_ كتاب الله_ ” القرأن”
  • هدى   : شكرا كثيرا, يا استاذ.
  • · عزم    : بلغ يا أستاذ سلامي الى التلاميذك فى معهد الخيرات, وبلغ سلامي الى جميع الاخوان ولمن سأل عني….……..؟.
  • · هدى    : نعم, ان شاء الله.

Kangen atau rindu kepada seseorang yang pernah kita kenal ,  itu sangat wajar  dan bisa terjadi apabila bertemunya tadi  tidak terlalu sering. akan tetapi sebaliknya bukan rasa kangen dan senang bahkan  bisa membosankan.    Sebagaimana yang telah di jelaskan dalam hadists:

زر غبا تزدد حبا

Artinya: berziaralah (silaturrahmi) kamu kadang-kadang maka akan bertambah  rasa cinta dan kasih sayang.

jadi kangen kepada seseorang bisa berpahala kalau niatnya agar supaya tidak putus hubungan (silaturrahmi). Hubungan yang erat akan semakin kuat kalau hubungan tersebut didasari karena Allah. Bukan karena hal yang lain  yakni bukan karena dia kaya atau punya kedudukan melainkan mencari pahala dan ridlo Allah.

Seseorang akan bisa kangen/rindu dan senang bertemu dengan kita, kalau kita tahu diri dan jaga jarak adalah menjaga prilaku dengan baik, sehingga orang lain merasa nyaman dan senang bertemu. Menjaga perasaan orang lain ketika kita bertemu, baik itu dari segi bicara atau tingkah laku, itu adalah suatu sikap positip yang nantinya  akan menimbulkan orang lain akan merasakan kangen/rindu kepada kita. Kangen kepada seseorang tentunya orang tersebut sudah pasti kita kenal betul, tidak mungkin kita bisa kangen apabila orang tersebut tidak di kenal, baik deri sikap dan prilakunya.

Namanya perasaan yang ada pada diri seseorang, kita tidak bisa meraba apakah dia kangen atau tidak……. ?. Namun prilaku dan sikap kitalah yang akan  nantinya dia akan menimbulkan rasa  rindu dan kangen kepada kita. Prilaku yang baik sangat berpengaruh dan menimbulkan kengennya seseorang kepada kita, maka kalau kita disukai dan dikangeni  maka sikap kita adalah termasuk sikap yang positip. Karena yang namanya hati seseorang bisa suka dan bisa kangen apabila  perasaan (hati) nya,  kita baikin. Maka jagalah sikap kita  terhadap perasaan seseorang.karena yang namanaya hati mempunyai kecendrungan terhadap prilaku dan tingkah laku seseorang. sebagaimana yang telah di jelaskan dalam hadist

جبلت القلوب على من احسن اليها, وبغض من اساء اليه.ا

Artinya: hati mempunya watak(cendrung ) baik kepada seseorang yang berbuat baik kepadanya.dan benci kepada seseorang yang berbuat jahat kepadanya..

*Apabila kangen muncul tiba-tiba datang, ia akan rela dengan segala cara akan dilakukan sebagai pembuktian dan pengorbanan, bahwa kebahagiaan dan kegembiraan akan diperoleh, ketika waktu berjumpa dan bertatap muka. Kangen kepada seseorang akan bertahan lama apabila kangennya tersebut karena Akhlaknya, dan hanya untuk mencari pahala dan ridlo Allah, bukan karena mengharap yang lain.

Patut kita syukuri apabila seseorang kangen karena sikap dan perilaku kita yang baik, sebab berarti kita adalah termasuk seseorang yang mempunyai kepribadian baik yang disukai orang lain, yang seharuskan kita pertahankan, karena kepribadian yang baik sangatlah mahal harganya dibandingkan yang lain. Kangen kepada kita karena kebaikannya, orang tersebut perlu kita hargai dan kita hormati karena orang tersebut termasuk seseorang yang mempunyai kepribadian baik juga, sebab tidak mungkin orang yang baik akan kangen kepada seseorang yang tidak mempunyai kepribadian baik.

Kangen kepada seseorang tidak seharusnya langsung bertatap muka, bisa saja kangennya tersebut diungkapkan dengan cara mendo’akan yang terbaik untuknya, sebab tidak semuanya orang bisa bertemu secara langsung karena posisi seseorang sangatlah berbeda-beda; ada yang jauh yang tidak mungkin dan sulit untuk kita datangi atau jaraknya dekat namun jarak kedekatan tersebut sangatlah tidak mungkin juga untuk kita hampiri. Maka dengan cara mendo’akan adalah suatu jalan yang terbaik untuk menjalin hubungan yang sudah lama tidak bertatap muka. mungkin sangatlah berat sekali apabila tidak bertatap muka secara langsung, namun dengan cara mendo’akan dan ikhlas karena Allah, akan mengurangi kerinduan yang sudah lama terpendam.

Kangen dibagi menjadi dua macam (1). kangen negative (2). Kangen positif.

Bagaimana caranya, coba kita belajar dari nahwu,dan sorrof, jangan terlalu tinggi-tinggi Jurmia dan Kailani saja sudah cukup.

Kangen negative dibagi menjadi beberapa macam diantaranya ibaratkan:

  • لا النهى “Berpengaruh buruk” kangen seperti ini hanya bersifat semu (sesaat), atau ibarat laa nafi “tidak berpengaruh sama sekali” tidak tahan lama,tidak ikhlas dan tidak memberi mutifasi yang baik. Kalau kita perhatikan dari segi amalnya laa nafi/laa nahi adalah merubah arti sebaliknya.  contah   يشتاق Artinya kangen apabila kemasukan laa nahi/laa nafi, يشتاق لاArtinya jangan kangen/tidak kangen. jadi kangennya adalah berpengaruh buruk tidak berpengaruh positif, bersifat munafik cuma hanya dari mulutnya saja akan tetapi hatinya ingkar.
  • مضاف اسم atau فعل متعد ” Masih bergantung pada yang lain ” kangen seperti ini bersifat munafik juga, tidak tulus,tidak setia dan berpengaruh buruk, cuma ketika mendapat satu kenikmatan (kebahagiaan) saja ia senang mendampingi, akan tetapi sebaliknya ketika mendapatkan musibah ia menjauh.
  • عامل نواسخ “merusak hubungan”, atau حرف علة “menjadi firus”ketika sedang mendapat kebahagian, tiba-tiba ia memutuskan hubungan dengan segala cara dan berbagai macam alasan dan tidak masuk akal cuma hanya menuruti kemauannya saja.
  • جواب الشرطada dorongan”. Kangen seperti bukan timbul dari lubuk hatinya akan tetapi karena terpengaruh dan desakan dari oleh orang lain dengan alasan takut dimarahin atau gengsi, ,sedangkan hatinya tidak punya rasa sama sekali.
  • فعل امر : Egois/kardi( karepah dibi’).Kangennya tidak melihat kondisi orang lain apabila hatinya sudah kangen harus segera dituruti, tidak peduli orang yang dikangeni sibuk atau tidak.

Kangen paositif dibagi menjadi beberapa macam diantaranya ibaratkan.

  • نون توكيد “Saling menguatkan, mempererat”. Bagaiamanapun besarnya ombak/badai seperti halnya Tsunami,atau angin kenjang, itu tidak akan mempengaruhi sedikitpun. Kesungguhan dan kesetiaan tetap terjaga dan terpelihara. kangen seperti ini akan bertahan lama meskipun jarak telah memisahkan namun hati tetap bersatu (masih ada hubungan).kalau kita lihat dari amalnya nun taukit adalah menguatkan perkataan yang sebelumnya, hanya biasa-biasa saja seperti زيد مشتاق artinya zaid kangen, setelah Nun taukit masuk مشتاق ان زيدا Artinya sesungguhnya zaid benar-benar kangen. Perkataan tersebut adalah zaid benar-benar kangen dan sudah tidak diragukan kembali.
  • Huruf athaf و ” menyambung hubungan silaturrahmi dengan keikhlasan” kangen seperti ini bukan hanya mencari jaringan antara sesama melainkan mencari pahala, dengan cara menjalin hubungan persaudaraan yang diperkuat dengan silaturrahmi.
  • قد للتحقيق “bersungguh-sungguh,dan kekompakan tidak main-main”.kangen seperti adalah kangennya seseorang yang tulus mencintai apa adanya tidak pandang bulu baik itu keturunan bangsawan atau bukan..
  • قد للتكثير “murah hati: ingin berbuat baik” kangen seperti ini adalah Ia mempunyai kesalahan dan menyesal atas semua perbuatannya, kemudian ia rindu ingin berjumpa dan ingin meminta ma’af atas semua kesalahannya.
  • بدل اشتمال “mempunyai hubungan” kalau dilihat dari fungsi dari badal tersebut adalah بدل dan مبدل منه mempunyai hubungan akan tetapi tidak keseluruhan Artinya meskipun orang yang di kangeni tidak mungkin untuk kita hubungi secara langsung (bertatap muka) atau tidak bisa dicolling sekalipun Ia selalu ingat dan senantiasa mendo’akan yang terbaik untuknya.
  • تمييزtidak pamrih” kangen seperti ini adalah ketika menjalin hubungan tidak mengharap pujian dari orang lain,tidak peduli orang lain mengatakan apa. Ia konsisten dengan prinsipnya yaitu ingin berbuat baik kepada orang lain meskipun tanpa dipuji dan diketahui.
  • فعل مضارعjangka pendek dan jangka panjang” kangen seperti ini adalah dalam menjalin hubungan, bukan hanya sekedar mencari kesenangan sesaat melainkan untuk selamanya,sikap dan prilakunya tetap terpelihara dan terjaga sampai akhir hayat.
  • كل جمع مؤنث: “Berani “. Dalam menjalin hubungan ia berani bertanggung jawab, dan siap menanggung  semua resiko yang akan dihadapinya.sebagaimana yang telah diungkapkan dalam Sya’ir:

ان قومي تجمعوا #  ولقتلي تحدثوا

لا ابالي بجمعهم  #  كل جمع مؤنث

Contoh di bawah ini adalah sebuah percakapan anatara dua orang yang sudah lama tidak berjumpa.

نور الهدى وابوالخيرعزم”

  • هدى : السلا م عليكم ورحمة الله وبركاته.
  • عزم : وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته.
  • هدى: كيف حالك يا استاذ
  • عزم    : بخير, الحمد لله, كما ترا.
  • هدى: لم أرك من مدة طويلة بعد خروجك من هذا المعهد, لقد غبت عني طويلة.
  • هدى    :  اعلم يا استاذ ان فكري مشغول بك , لا تسأل عن شوقي بك لكن لا ازورك, لاني اشتغل بتعليم التلاميذ في معهد الخيرات.
  • عزم     : سبحان الله يا استاذ لا اجدك تشتغل بتعليم التلاميذ,
  • عزم    : وكيف تحب تعلما في معهد الخيرات, اني اعجبك تنال خيرا لم يزل.
  • هدى    : لا ادري يا استاذ, ان الله قد قضاني بتعليمي هذالمعهد
  • عزم     : يا استاذ اين بيتك ؟
  • هدى    : بيتي امام دكان عيفئ كاني كارا فا كا لاران ملاع.
  • هدى    : اذا تزورني,اشكرك على زيارك.
  • هدى    : يا استاذ اسألك الان؟
  • عزم     : تسالني شيئا يا استاذ, تفضل؟.
  • هدى    : متى تذهب الى مدينة المنورة لزيارة مقام رسول الله.
  • عزم     :اذهب الى مدينة المنورة غدا ان شاء الله.
  • هدى    : متى تعود الى اندونسيا؟
  • عزم     :اعود  الى اندونسيا فىيوم الأربعاء اكوستوس,
  • ان شاء الله بعد مجيء المدينة المنورة اهديك                                    هدية……؟
  • هدى    : ماذا تهديني هدية, يا استاذ ؟
  • عزم    : ان شاء الله اعطيك هدية,_ كتاب الله_ ” القرأن”
  • هدى   : شكرا كثيرا, يا استاذ.
  • · عزم    : بلغ يا أستاذ سلامي الى التلاميذك فى معهد الخيرات, وبلغ سلامي الى جميع الاخوان ولمن سأل عني….……..؟.
  • · هدى    : نعم, ان شاء الله.

One thought on “Kangen Kepada kekasih ooh…..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s