PENAKLUKAN ISLAM DI ANDALUSIA


Oleh :rokhim


1.Faktor-Faktor Masuknya islam Ke Andalusia

Iberia adalahk terletak dibenua eropa barat daya, setelah umat muslim masuk dan menaklukkan daerah tersebut , umat islam memberi sebutan yang baru yaitu Andalusia. karena sebutan andalusia berasal dari kata vandalusia yaitu bangsa vandal yang pernah menguasai tempat tersebut, sebelum mereka diusir e afrika utara oleh bangsa Visigoth, pada abda 5 M.

Pada masa Al-Walid Bin abdull malik( khalifah bani umayyah yang keenam 705-715 M) islam bisa masuk dan menguasai semenandung andalusia dengan mengalahkan bangsa visigoth yang dipempin oleh Roderic , raja dari dari bangsa Visigoth. Setelah mengalahkan Raja Roderick dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete ( 711 M ), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada tahun 719 M. Hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732 M). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis bagian selatan yang disebut sekarang.

dapat menaklukan andalusia, karena kondisi masyarakat andalusia pada saat itu sangat memprihatinkan. Masyarakat terpecah-pecah-pecah menjadi beberapa golongan, penindasan orang nasrani terhadap orang yahudi dan pembebanan pajak yang sangat memberatkan. Adapun golongan yang terpercah-pecah  dalam beberapa kelompok yaitu

  1. Kelompok masyarakat kelas satu, yang terdiri atas penguasa, raja, pembesar istana, pemuka agama dan tuan tanah besar.
  2. Kelompok masyrakat kelas dua, terdiri atas tuan-tuan tanah kecil
  3. Kelompok masyarakatkelas tiga, terdiri atas pengembala, nelayan, tukang besi, para budak, dan kaum buruh.

Banyak orang-orang yang kelas dua dan tiga yang sudah bosan dengan perilaku masyarakat kelas satu yang terus-menerus menindas , dengan cara memungut pajak yang secara berlebih-lebihan, untuk memepertahahnkan hidup mereka terpaksa lari kehutan, merampok, membajak Dsb.

Kehadiran umat islam ke andulusia sangat didukung oleh masyarakat kelas dua dan tiga, mereka berharap kepada cahaya islam untuk mengajarkan semua bumi milik Allah. Mereka juga mendengar tentang prinsip islam bahwa adanya kesetaraan derajat, islam tidak memandang kulit putih, kulit hitam, orang pembesar, masayarakat rendahan, orang arab, orang non arab akan tetapi kemuliaan seorang hamba diukur oleh katakwaannya.

2. Proses masuknya islam Dan penaklukan di andalusia

Kekuatan islam bergerak dengan Gemilang karena mendapat dukungan dari bangsa vandal yang mengungsi di afrika pada bulan juli 710 M,  musa bin nushair mengirim 500 tentara dibawah pempinan panglima Tarif  bin malik  dengan empat armada laut, mereka mendarat dipelabuhan yang sekarang disebut pelabuhan Tarifah (untuk mangabadikan nama Panglima Tharifah). Expedisi ini berhasil Tharif  membawa ghanimah yang sangat banyak ke afrika utara. Setahun kemudian musa inbu nushair( gubernur afrika utara ) mengirim 12000 orang tentara barbar dan orang arab dibawah pimpinan Thariq bin ziyad. Di andalusia mereka mendarat di bukit karang giblartar  yang sekarang disebut jabal Thariq. Ditempat itu Thariq membakar semua kapal agar  tidak ada pasukan yang mundur.

Mendengar berita itu theodamir seorang gubernur di andalusia segera mengabarkan kepada Roderick. Ia meminta bantuan-bantuan provinsi dibawahnya, sehingga roderick berhasil mengumpulkan 100.000 ribu tentara, sementara pasukan Thariq bin ziyad hanya berjumah 12 ribu. Peperangan berrlangsung selama 7 hari dan tentara musuh dapat dikalahkan, dan Roderick tewas jenazahnya tidak ditemukan.

Expansi yang selanjutnya dilakukan  Thariq ialah ke kordova . 700 tentaranya melakukan pengepungan selama 6 bulan tapi tidak membuahkan hasil karena tingginya benteng pertahanan, atas bantuan seorang pengembala akhirnya benteng dapat ditembus. Ditempat tersebut masih ada 400 orrang kristen yang masih bertahan. Mereka diberikan tawaran

  1. Masuk islam
  2. Tetap memeluk agamanya masing-masing akan tetapi harus mengakui kedaulatan negara islam dan wajib membayar pajak
  3. Perang

Untuk mempertahahankan  nama baiknya  orang-orang kristen memilih perang, akan tetapi kemengan masih berpihak kepada  tentara muslim, sisa-sisa orang kristen menyerah kepada Mughis , Panglima perang  pada saat itu. Malaga, orihuela, dan seluruh wilayah Almerian dan valenciapun jatuh ketangan Thariq. Akan tetapi murcia tidak dapat ditaklukkan oleh Thariq karena theodomir bermain politik dalam peperangan yaitu membuat barisan perempuan karena pasukan para lelaki sudah habis. Untuk itu Thariq memberikan kebebasan kepada wilayah tersebut, asalkan theodomir mau membayar pajak, pada tahun yang sama Thariq memberi nama provinsi  tudmir, disesuaikan dengan nama theodomir. Akhirnya dengan waktu yang sangat singkat satu persatu dapat ditaklukkan oleh Thariq, sampai bisa menembus ibu kota ( Toledo).

Ketika musa dan thariq ingin melakukan expansi yang selanjutnya yaitu  andalusia utara yang terdiri dari galicia, benteng-benteng leon, lugo dan tempat-tempat lain yang ada diantara pegunungan austria dan galicia, datanglah surat dari khalifah al-walid bin abdul malik yang menyuruhnya untuk segera pulang. Akhirnya  keduanya pun segera pulang ke damaskus (September 174 M). tapi sebelum mereka berdua kembali kedamaskus musa mengangkat  putranya, abdul aziz sebagai penguasa Andalusia.

Ketika  Abdul Aziz  menjadi penguasa ia tampil sebagai seorang pemimpin yang baik, bijaksana dan adil sehingga ia dapat dicintai oleh rakyat andalusia, ia memerintah selama 714-716 M. Akan tetapi putra musa tersebut mati terbinuh oleh serangan pasukan sulyman ( khalifah bani umayyah setelah Al-Walid Bin  abdul malik) karena abdul aziz dituduh murtad, yaitu mengawini janda Roderick.

Setelah abdul aziz  wafat kepemimpinan dipengang oleh Ayyub bin habib ( 716M), kemenakan musa, tapi ia tidak mendapatkan restu dari gubernur khairawan maupun dari khalifah di damaskus, sebab ia masih ada hubungan dengan musa.

Selanjutnya kepemimpinan dipengang oleh Hurr  bin Abdurrahman( 716-718M). Pada masanya, islam berhasil menaklukkan perancis selatan, termasuk wilayah septamenia. Pada masa itu kordova menjadi ibu kota andalusia. Selain itu Hur harus menghadapi pasukan-pasukan kristen, ketika pertempuran dengan orang kristen Hur terbunuh.

Kepemimpinan yang selanjutnya dipegang oleh Anbasah bin sahim (721-725M) ), ia juga tidak jauh seperti abdul aziz seorang yang  penguasa yang adil dan bijaksana, akan tetapi dengan kebencian orang-orang kristen yang sangat mendalam ia dapat terbunuh oleh orang-orang kristen dalam perjalanan.

Selam enam tahun tidak terdapat penguasa yang cakap dalam memimpin, akhir  pada tahun yang sama diangkatlah Addurahman Al-Ghafiqi ( 730-732M). Pada masa kepemimpinannya ia dapat memperluas wilayah sampai ke eropa. Ia menemui ajalnya pada tahun 732 M, pada pertempuran melawan tentara kristen perancis. Kemudian penguasa yang terakhir dari andalusia ialah yusuf  bin addurrahman Al-Fihri yang kemudian riwayatnya ditaklukkan oleh Abdurrahman Ad-Dakhil.

Dinasti Bani Umayyah II

Pada tahun 749 M Bani Umayyah di damaskus diruntuhkan oleh gerakan keturunan Al-Abbas paman Nabi muhammad, yang dipelopori Oleh abu Abbas As-Safah, khalifah terakhir dari umayyah marwan bin muhammad melarikan diri ke fustat mesir, dan akhirnya dapat dibunuh oleh Abdillah Bin Ali. Para  Keturunan Al-Abbas berusaha membersihkan sisa-sisa keturunan umayyah dengan cara pembunuhan yang sangat sadis, tapi ada salah satu keluarga istana bani umayyah yang melarikan diri dari perombakan bani Abbasiah yaitu Abdurrahman Ad-Dakhil. Ia melarikan diri ke Andalusia . diatas disebutkan bahwa penguasa yang terakhir dari andalusia adalah  yusuf  bin addurrahman Al-Fihri. Abdurrahman dapat mengalahkan Al-Fihri dengan bantuan Himyar( suku arab selatan). Dengan terbunuhnya al-fihri Abdurrahman diangkat menjadi penguasa andalusia, dengan sebuah system pemerintahan yang monarchi yaitu Dinasti bani umayyah II, ia mendapat gelar Ad-Dakhil ( sang penakluk daerah baru). Ad-dakhil berhasil membangun pemerintahan yang sangat kokoh yang berpusat di kordova, ia menjadi khalifah selama 32 Tahun (756-788M). Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s