Al-khoirot Mencetak Santri Intelek


Pondok pesantren alkhoirot yang bertepatan di Jl. K.H. Syuhud Zayyadi karangsuko Pagelaran Malang adalah salah pesantren salaf yangberdiri pada tahun 1974 M, pesantrren ini cukup berhasil mencetak santri yang agamawan sehingga membaca kitab kuningnya tidak diragukan lagi. Merupakan sebuah kebaggaan bagi saya selaku santri alkhoirot yang harapan saya bisa menjadi seperti mereka. Pengasuh pertama dari pesatren ini KH. Syuhud Zayyadi ( Almarhum) dilanjutkan Oleh menantunya K.H. Zainal Ali Suyuthi, tapi pada masa ini santri dipesatren alkhoirot mendalam tentang keilmuwan agama saja tanpa mengenal perkembangan yang ada diluar dan pada tahun 2007 K.H. Ahmad Fatih syuhudputra almarhum K.H. Syuhud Zayyadi datang dari india setelah menyelesaikan pendidikan S 3 nya dengan meraih gelar Dr. A fatih Syuhud, MA.  Ia adalah orang intelektual yang sangat agresif dalam masalah pendidikan, yang semula santri hanya mengenal Baca kitab kuning oleh Beliau dikenalkan dengan Teknolologi dan Junalistik.

Salah satu inesiatif beliau untuk mencetak santri yang intelektual langkah utama yang beliau lakukan ialah menekankan santrinya untuk selalu dan selalu membaca buku, pada gilirannya ia menekankan untuk menulis. Dan pada tahun 2007 beliau menciptakan sebuah media baca yang diberi nama  Buletin Al-Khoirot yang diterbitkan pada awal bulan dan Buletin ini tidak lain hanyalah menarik para santrinya untuk selalu menulis dimana Buletin ini  dibagikan secara free disekolah dan pondok pesantren segondanglegi dan pagelaran, yang menjadi Tim Redaksi Buletin ini para pengurus dan pengasuh pesantren.  Disamping itu  juga diterbitkan pula Buletin santri yang Tim Redaksinya para pengurus dan Guru.  Dan Buletin siswa yang dikelola para santri yang   masih duduk dibangku sekolah. Dan Buletin El-Ukhwah yang ditebitkan oleh Pondok Putri, tapi Buletin Santri, Siswa dan El-Ukhwah hanyalah untuk kalangan sendiri tidak disebarluaskan dikalangan masyarakat paling tidak bisa dibaca teman-teman yang masih netap dipesantren. Ketika akhir Bulan teman-teman termasuk saya sibuk menulis dan mencari bahan rujukannya sekaligus.
Ternyata menulis aja tidak cukup akan tetapi masih Banyak tuntutan masyarakat untuk menciptakan santri yang intelek, masyarakat menuntut agar alkhoirot mempunyai lembaga pendidikan formal sendiri, akhirnya pada tanggal 15 Juli 2009 Ponpes alkhoirot berhasil mendirikan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang kemajuannya kini sudah pesat sekali, disamping itu para pengurus yang mempunyai legalitas Formal bisa dimanfaatkan pada lembaga tersebut.
Pada Tanggal 5 April K.H. Zainal Suyuthi yang merupakan pengasuh utama dari pesantren ini  pulang kerahmatullah  dengan berumur 54 Tahun, kini sebagai gantinya K.H. Ahmad fatih Syuhud yang menjadi pengasuh utama, disamping menjadi pengasuh pesantren ia juga penulis kontributor tetap pada dua media portal internasional yaitu Global Voice Online, a Harvard University Project yang berpusat di Amerika, dan Agoravox  New yang berpusat diperancis, disamping itu ia juga Ahli Ngeblog, dan Ponpes Alkhoirot  mempunyai tiga Blog’s yaitu Alkhoirot.com , alkhoirot.net  dan Beberapa Sub domain yang diberikan kepada masing-masing organisasi dipesantren seperti ma.alkhoirot.net, mts.alkhoirot.net.
Cara pengajian yang ia berikan kepada santrinya nampaknya berbeda dengan K.H. dipesantren salaf yang lain, pengajian yang diberikan selalu diakhiri dengan Tanya Jawab sebagaimana Dosen yang mengajar mahasiswanya yang selalu menekankan berpikir kritis.
Untuk meningkatkan keintelektualan santrinya  beliau memberikan Beberapa Sub Domain ( Blog’s) untuk dijadikan media dakwah dan semangat didalam pemikiran, dan Beliau selalu menekankan mengupdate Situs yang telah beliau berikannya, dan juga Update dari pada Situs tersebut diimport  ke facebook alkhoirot sehingga beliau mudah didalam memantau Situs santrinya yang tidak diupdate , sebagian  beberapa situs yang ia berikan kepada kami diantaranya seperti:
dan masih banyak lagi situs-situs teman yang tidak bisa sebutkan.
semoga amal belia menjadikan Visi dan misinya dapat tercapai sehingga Ponpes alkhoirot membangun peradaban dunia amiinn[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s