Kemuliaan Rasio Menurut Plato


Rasio menurut  plato menempati kedudukan yan sangat mulia, bahkan rasio digunakan media untuk menuju kebenaran yang hakiki. Kaberadaan rasio dapat mempertimbangkan dan menilai aspek positif dan negatif

Sebagai mana yang dikatan oleh plato, bahwa di dalam diri manusia terdapat unsure yang sangat penting yaitu, rasio dan kesenangan. Keduanya ini berperan aktif dalam menganggapi berbagai permasalahan pada diri manusia untuk mencari jalan keluar, misalnya ketika seseorang hendak memakan makanan lezat yang penuh dengan bahan pengawet (kesenangan), rasio kita akan mengatakan bahwa makanan tersebut  membahayakan  terhadap tubuh kita. Tapi kadang-kadang rasio manusia dikalahkan oleh kesenangan, sehingga menusia berada  dalam kondisi yang celaka.

Sebenarnya di dalam diri manusia terdapat fitrah , tapi fitrah tersebut sering tidak berfungsi karena tertutupi oleh kesenangan dan hawa nafsu manusia, yang kemudian  manusia tidak mengenal kebenaran yang hakiki.

Didalam teori yang lain plato mengatakan, bahwa dalam diri manusia terdapat tiga  elemen yang saling melengkapi antara yang satu dengan lain, yaitu; rasio, roh, dan nafsu. Elemen tesebut diibaratkan seorang kusir yang ditarik oleh  ke dua kuda, salah satu kuda tersebut berwarna putih, dan kuda satunya lagi hitam. Kuda hitam sebagai nafsu yang selalu cenderung keburukan.  Sementara kuda putih bagaikan roh yang selalu cenderung  kepada kebaikan. Tukang kusir diibaratkan rasio yang selalu mengarahkan kepada jalan lajunya kuda putih yang selalu cenderung kepada jalan kebaikan. Dari teori yang kedua ini plato menyimpulkan bahwa rasio sebagai media untuk mengarahkan kepada kebaikan.

Jika ketiga elemen tersebut dihubungkan dengan dunia pendidikan,, maka akan menciptkan karakter manusia sebagai berikut:

1. kecenderungan kepada rasio akan menumbuhkan kepada dunia intelektual

2. kecenderungan kepada roh akan menumbuhkan jiwa yang fatalis, pasrah, statis dan lain-lain,

3. kecenderungan kepada nafsu akan menumbuhkan jiwa-jiwa materialis yang tiada puasnya mengharapkan kesenangan dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s