CARA MISTIK MENYELESAIKAN MASALAH

Oleh : rokim

Santri PP. alkhoirot

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Mistik adalah sebuah pengetahuan yang tidak rasional meskipun pada kenmyataanya dapat menimbulkan objek yang empiris, dimana mistik ini didalam kehidupan masyarakat sangat melekat sekali terutama pada masyarakat yang masih primitif, sehingga kehidupn mistik membudaya baik kalangan keagamaan maupun umum, yang akhirnya membentuklah sebuah keyakinan adanya kekuatan yang ada pada  diri luar manusia. dengan sifat keingin tahuan itulah sehingga para kalangan yang ahli membentuk teknik-teknik tertentu sebagai alat terwujudnya tercapainya sesuatu . di kalangan masayarakat memang mistiklah yang dijadikan media untuk menyelesaikan masalah karena didalam mistik itu sendiri ada muatan-muatan kekuatan(magis)  yang ampuh untuk dijadikan jalan keluar. Dan kadangpula ketentraman jiwa tidak bisa hanya dicapai dengan materi saja, karena banyaknya problem yang dihadapi manusia, sehingga menyebabkan manusia mempunyai Qolbu yang tidak sehat, dengan jalan mistiklah manusia dapat menemukan ketentraman didalam hidupnya melalui pendekatan Kepada tuhan, yang biasanya dilakukan oleh kalangan sufi. Tapi bagaimanapun mistik tidak lepas dari nilai karena pada kenyataannya mistik itu sendiri dapat digunakan hal-hal yang menyimpang dari agama dan norma-norma sosial,  untuk mengetahui mistik itu menyimpang atau tidak pastinya kita dapat membedakan magis putih dan hitam .

BAB II

PEMBAHASAN

2.1.  Cara Mistik Menyelesaikan Masalah

Telah kita ketahui bahwa mistik adalah pengetahuan yang tanpa melalui panca indra maupu akal logika dan metodenya pun tidak menggunakan rasio maupun ilmiah melainkan dengan kepercayaan atau riyadhah, tapi meskipun demikian hampir seluruh kehidupan beragama didunia ini mengakui adanya kehidupan mistik sebagai kebutuhan untuk menyelesaiakan masalah karena pada dasarnya permasalahan yang ada didunia ini secara mutlak dapat diselesaikan dengan sains maupun filsafat melainkan mistiklah salah satunya yang paling berperan, tentunya mistik mempunyai beberapa macam diantaranya  mistik biasa yang lazimnya dilakukan oleh kalangan sufi untuk mendekatkan kepada tuhannya. Dan mistik magis adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka ingin mendapatkan sesuatu menurut kebutuhan penggunanya dan mistik magis ini mengandung kekuatan yang supra rasional. Seperti santet yang digunakan untuk membunuh orang, shihul hukama’ yang digunakan untuk belas asih dan masih banyak lagi mistik magis yang masih mengandung kekuatan ghaib yang tidak bisa dijangkau dengan akal kita.

hampir mirip dengan kegiatan agama, yakni menggunakan amalan-amalan tertentu secara istiqomah , pendekatan dan mempunyai tujuan tertentu. Hal ini dilakukan karena manusia ingin mengetahui kehidupan dan kekuatan yang ada diluar dirinya sehingga manusia semakin kukuh untuk melakukan pengetahuan mistik. Islam sebagai agama yang universal tentunya telah menggambarkan tentang mistik dalam menyelesaikan masalah seperti yang tertera di dalam firman Allah

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberi-nya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Ath-Thalaq: 2-3).

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada me-reka berbagai keberkahan dari langit dan bumi.” (Al-A’raf: 96).

Ayat tersebut telah menggambarkan bahwa mistik dapat menyelesaikan permasalahan yang ada didalam permasalahan manusia yakni diberikan jalan kemudahan dalam menghadapi segala urusannya didalam didunia ini.

Mistik magis mempunyai pengaruh dari pengetahuan dan pengalaman spiritual, dapat dikatakan demikian karena pada kenyataannya tokoh-tokoh mistik magis terdiri dari para sufi-sufi besar, yang mengakui bahwa dunia mistik magis menggunakan kekuatan rohaniah selalu muncul dari orang suci yang selalu mengola kekuatan spiritualnya. Bagi mereka yang mengalami kasyf, berbagai kekuatan luar dan kondisi alam pun tunduk di bawah tekanan  pancarannya. Dan akhirnya para tokoh tersebut dapat merumuskan berbagai formulasi kekuatan rohaniah yang terkandung dalam Al-Qur’an, kata Ayilby, selalu memuji allah dalam suatu bahasa tertentudan ia memiliki magis tertentu bila dipraktekkan. Kekuatan alampun akhirnya tunduk dibawah sinar ilahi melalui huruf-huruf dan nama indah-Nya. Melalui kalam ilahi inilah jiwa-jiwa ilahiyah yang aktif didunia dapat digunakan oleh manusia untuk tujuan yan dikehendakinya.

Jiwa-jiwa ilahiyah ini bukan hanya terdapat pada beribu-ribu malaikat-Nya tetapi juga pada roh-roh yang ada dialam ini. Disinilah hukum alam atau sunnatullah berada pada kecualian seperti yang terjadi pada peristiwa mukjizat Nabi-Nabi. Dengan demikian pada perkembangan selanjutnya dunia mistik dalam islam terbagi menjadi dua yaitu mistik magis yang menggunakan wiirid-wirid dan yang kedua mistik magis dalam bentuk benda-benda yang yang diformulasikan sedemikian rupa yang biasanya berupa isim-isim dan wafaq-wafaq. Dalam masyarakat primitif  bentuk pertama berupa bacaan dan yang kedua jimat.

2.2. Macam-Macam Mistik

Tentunya mistik mempunyai beberapa macam-macam, dimana masing diantaranya mempunyai cara-cara yang berbeda dan nilai baik dan buruk dalam menyelesaikan masalah, tergantung dari mistik itu sendiri,

a. Mistik Biasa

Mistik biasa adalah mistik yang tidak mengandung kekuatan hanya berupa pendekatan kepada tuhan sebagaimana yang dilakukan oleh para sufi yang ingin memperoleh pengetahuan tentang tuhan harus membersihkan sebanyak mungkin unsur nasut pada diri manusia dan memperbesar unsur lahut. Unsur nasut ialah unsur jasmani dan lahut adalah unsur jasmani. Bila unsur lahut diperbesar dapat bekomunikasi dengan tuhan secara baik. Istilah ini didalam keilmuan islam disebut ilmu tasawwuf, melalaui studi tasawwuf itulah para sufi dapat membersihkan diri dan mengamalkannya secara benar dalam kehidupan sehari-hari. Dari pengetahuan inilah para sufi diharapkan sebagai individu yang dapat mengendalikan dirinya pada saat berinteraksi dengan orang, terciptanya akhlak mulia, terhindar dari sifat dengki, iri  , menyelesaikan permasalahan yang dihadapi manusia, dekat dengan tuhan, rasa aman dan tentram. Ternyata pengetahuan mistik yang dilakukan oleh para sufi tidak menyelesaikan dari aspek vertikal saja, tak terkecuali mencakup aspek Horisontal.

b.Mistik Magis

Mistik Magis adalah mistik yang mengandung kekuatan tertentu dan biasanya untuk mencapai tujuan tertentu. Mistik Magis ini dapat dibagi menjadi dua yaitu Mistik Magis Putih dan Mistik Magis Hitam
Mistik Magis Putih dalam islam adalah contohnya ialah Mukjizat, karamah, ilmu hikmah, sedangkan Mistik Magis Hitam contohnya santet dan sejenisnya yang menginduk ke sihir. yang tentunya mengandung unsur-unsur kekuatan yang supra-rasional, dengan kekuatan tadi manusia mempunyai kesempatan untuk menjadikan kekuatan mistik magis sebagai solusi menyelesaikan masalahnya, tapi perlu diingat bahwa manusia dalam menyelesaikan permasalahan manusia tentunya tidak lepas dari nilai baik dan nilai buruk. Bagi manusia dalam menyelesaikan masalahnya dengan nilai-nilai positif tentunya akan menggunakan Mistik magis yang sesuai dengan tuntutan syari’at seperti magis putih. Dan bagi manusia yang mau menyelesaikan masalahnya dengan jalan pintas tanpa memperhatikan nilai-nilai agamis tentunya akan menggunakan mistik magis hitam sebagai jalan keluar. Berikut penjelasan tentang cara mistik magis putih dan hitam sekaligus penggunaannya dalam menyelesaikan masalah.

2.3. Cara mistik Magis Putih

Cara kerja mistik putih ialah ahli hikmah dengan metode kasyf telah menemukan didalam agama ada muatan-muatan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Mereka menyadari bahwa kekuatan yang pada Allah maupun yang ada difirman-Nya dapat digunakan oleh manusia.  Kitab-kitab yang diturunkan kepada rosul-rosul menggambarkan tuhan maha kuasa atas segala-galanya. Dengan memanfaatkan janji-janji tuhan dan apa yang digambarkan oleh tuhan seperti ayat tersebut, manusia dapat menggugah janji tuhan. Bahkan asma-asma Allah sering digunakan manusia untuk menyelesaikan masalahnya sesuai dengan kebutuhan seperti Ya razzaq, ya gnoni dan lain-lain.

Dengan kata lain bahwa wirid dan doa’ dapat dijadikan jembatan untuk menyelesaikan masalah dan tuhanlah maha kuasa atas segala-galanya. Para ahli hikmah telah membuat wirid dan do’a sebagai alat untuk menyelesaikan masalahnya.  Teknik itu dikembangkan dalam apa yang disebut asrar Al-huruf (rahasia-rahasia huruf) dan Asrar Al-Asma’ ( rahasia-rahasia nama tuhan). Dalam pandangan mereka  bahwa tiap-tiap huruf  mempunyai Khaddam dan kekuatan yang berbeda. Bahkan karakter tiap hurufpun berbeda antara satu dengan yang lain. Ada huruf yang berkarakteristik Al-Ma’iyyah seperti Huruf dal, ha, lam, ain ra, kha dan ghain. Dan ada yang berkateristik Al-Nariyah seperti alif, ta, mim dan fa’. Jika seseorang dapat mempraktikkan wirid dan do’a sesuai dengan rumusan maka kekuatan ilahiyyah akan dapat dimanfaatkan mencapai tujuan yang dikehendaki, lebih-lebih bila diikuti dengan jiwa yang bersih melalui puasa dan tirakat.

Cara yang kedua ialah dengan memindahkan jiwa-jiwa ilahiyah atau khadam yang ada didalam huruf Al-Qur’an atau yang ada didalam asma Allah. Cara ini yang disebut wafaq atau isim. Wafaq ialah menarik jiwa ilahiyah sesuai dengan karakternya, jiwa ilahiyah harus masuk kedalam asma atau huruf  yang ditulis pada suatu  benda. Biasanya ditulis di kulit kijang, kulit harimau, bambu, logam Dan lain-lain.

Wafaq atau isim harus ditulis menggunakan  tinta tertentu dan pada waktu tertentu.  Dalam pandangan ahli hikmah, waktu memiliki karakter dan potensi tertentu.  Waktu yang 24 jam terbagi oleh tujuh kekuatan yang disimbolkan oleh bintang: otharid, zuhal, marikh, musytari, qamar, syams dan Zuhra. Setiap hari peredaran bintang itu mengalami perubahan, dengan demikian setiap hari memiliki karakter yang berbeda dalam setiap jam. Maka dari para ahli hikmah harus benar-benar menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan. Pada dasarnya para ahli menggunakan kekuatan supra natural yang ada pada khadam atau malaikat dengan melalui wirid atau do’a, dan wafaq atau isim untuk tujuan tertentu.

2.4. Cara Kerja Magis Hitam

cara kerja mistik hitam sebaimana yang telah dikatakan oleh Ibn khaldun yaitu seorang tukang sihir menggambarkan calon korbannya dalam bentuk tertentu, kemudian ia merencanakan calon korbannya mengadopsi baik dalam bentuk atribut maupun simbol-simbol, lalu ia bacakan mantra bagi gambar calon korbannya tersebut secara kongkrit dan simbolik. Selama mengulang-ulang kata buruk itu ia mengumpulkan air ludah dimulutnya lalu menyemburkannya pada gambar itu. Lalu  ia ikatkan buhul pada simbol menurut sasaran yang telah disiapkan tadi. Ia menganggap  ikatan buhul itu memiliki kekuatan dan efektif dalam praktik sihir.

Ia meminta agar jin-jin kafir untuk berpartisipasi agar mantra iut lebih kuata. Gambar korban dan nama-nama buruk itu memiliki roh jahat. Roh itu dari tukang sihir dengan tipuannya (napasnya) dan melekat pada air ludah yang disemburkannya keluar. Ia memunculkan lebih banyak roh jahat. Akibatnyasegala sesuatau yang dituju tukang sihir itu benar-benar terjadi.

BAB III

PENUTUP

3.1.Kesimpulan

a. cara mistik menyelesaikan masalah tentunya dulihat dari macam mistiknya kalau mistik biasa prosesnya dengan pendekatan terhadap Tuhan sebgaimana yang dilakukan oleh kalangan sufi untuk mendapatkan ketentraman didalam huidupnya, dan mistik magis didalam menyelesaikan masalahd dengan menggunakan kekuatan rohaniah yang biasanya muncul dari kalangan orang suci, yang selalu mengolah spiritualnya. bagi mereka yang mengalami kasyf, berbagai kekuatan luar dan kondisi alam pun tunduk di bawah tekanan  pancarannya. Dan akhirnya para tokoh tersebut dapat merumuskan berbagai formulasi kekuatan rohaniah yang terkandung dalam Al-Qur’an. Dengan selalu memuji allah dalam suatu bahasa tertentu dan ia memiliki magis tertentu bila dipraktekkan. Kekuatan alampun akhirnya tunduk dibawah sinar ilahi melalui huruf-huruf dan nama indah-Nya. Dengan kalam ilahi inilah jiwa-jiwa ilahi dapat digunakan manusia untuk menyelesaikan masalahnya.

b. macam-macam mistik ada dua yaitu mistik biasa, suatu mistik yang tidak mengandung kekuatan hanya berupa pendekatan kepada Tuhan. Mistik Magis adalah mistik yang mengandung kekuatan tertentu dan biasanya untuk mencapai tujuan tertentu. Mistik Magis ini dapat dibagi menjadi dua yaitu Mistik Magis Putih dan Mistik Magis Hitam . Mistik Magis Putih dalam islam adalah contohnya ialah Mukjizat, karamah, ilmu hikmah, sedangkan Mistik Magis Hitam contohnya santet dan sejenisnya yang menginduk ke sihir. yang tentunya mengandung unsur-unsur kekuatan yang supra-rasional, dengan kekuatan tadi manusia mempunyai kesempatan untuk menjadikan kekuatan mistik magis sebagai solusi menyelesaikan masalahnya.

c. Cara kerja mistik magis putih ialah menggunakan wirid dan Wafaq  atau isim-isim yang terkandung dalam al-qur’an, yang mengadung   jiwa-jiwa ilahi atau  Khaddam.

d. Cara kerja Mistik Magis Hitam dengan membacakan mantra tertentu dan memanfaatkan jin kafir untuk menelesaikan masalah, hal ini yang biasa santet atau sihir.

2 thoughts on “CARA MISTIK MENYELESAIKAN MASALAH

  1. Seluruh umat Islam seyogyanya memiliki kepercayaan dan keyakinan dengan nilai-nilai mistik. Karena Allah SWT itu sendiri adalah yang Maha Gaib ean menjadi sumber dari segala sumber kejadian, baik itu yang dianggap mistik atau tidak.

    Adalah pendangkalan aqidah kalau kita tidak percaya ada kuasa kegelapan atau kuasa syetan, namun semuanya sama sekali atas ijin Allah SWT baik itu yang diredhoi maupun tidak.

    Allah telah menjanjikan kepada iblis, yang merupakan dedongkot bangsa jin, untuk .
    menggoda dan menjerumuskan umat manusia kelembah kenistaan dan neraka jahanam, tapi tidak untuk umatnya yang mukhlis.

    Mempelajari ilmu sampai kepada ilmu sihir sekalipun tidak dilarang, namun mampukah kita memegang ilmu mistik tersebut ilmu sihir tersebut untuk digunakan dijalan yang diredhoiNya. Dan itu jelas bukan hal yang gampang dan tidak bisa untuk coba=coba. atau sebaiknya jauhilah, karena kalau kita tidak memiliki iman dan keihklasan yang kuat, kita akan menjadi pengikuy iblis .

    Bukan tidak banyak para kyai, ulama yang berkecimpung dalam dimensi kegaiban dan mistik itu yang terjerumus, maka jauhilah sebaik-baiknya panduan yang kita pedomani.

    Wasalamualaikum ww

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s