Doktrin Kepercayaan Islam

KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحريم

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Salawat serta salam semoga dilim pahkan kepada Rosulullah SAW.

Alhamdulillah kami dapat menyusun makalah yang sederhana ini berkat pertolongan Allah SWT.

Makalah ini ditulis sebagai bahan dasar pemikiran ceramah ataupun diskusi dengan judul” Doktrin kepercayaan islam”

Semoga dengan disusunnya makalah ini akan ada peningkatan kwalitas sumber daya mu’min yang hakiki.

Kami menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu kepada para pembaca, kami mengharap saran dan kritik konstuktif demi kesempurnaan makalah ini.

Akhirnya kami sampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing, rekan-rekan sekalian, serta semua pihak yang membantu kami.

Semoga makalah ini bermanfaat bagi para mahasiswa Amin

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I : PEDAHULUAN

A. Latar belakang

B. Rumusan makalah

C. Tujuan makalah

BAB II : DOKTRIN KEPERCAYAAN ISLAM

A. Pengertian doktrin

B. Memahami islam

C. Dasar kepercayaan islam

1. iman kepada Allah

2. iman kepada Malaikat, Kitab, Rasul, Hari akhir, dan ketetapan Allah

BAB III : Penutup

Kesimpulan

DAFTAR PERPUSTAKAAN

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Di zaman yang serba modern ini, mayoritas manusia tidak suka terhadap kevakuman. Kapanpun ada pertanyaan dan masalah penting. Tradisi muncul untuk menyembataninya sehingga tercapai sebuah pemahaman.

Namun banyak kita jumpai tradisi yang palsu. Ada banyak ketidak cocokan dan pertentangan diantara tradisi. Masalah serius muncul pada saat orang muslim harus menentukan tradisi mana yang asli.

Banyak orang Kristen berfokus pada pratik- praktik islam dan tidak mengenali bahwa tugas seorang muslim didasarkan pada sistem doktrin yang jelas. Muslim percaya bahwa Allah menyatakan pesan-nya kepada umat manusia. Pesan itu mengatur pemikiran dan tingkah laku, dan seringkali dirangkum dalam lima atau enam kategori kepercayaan.

Maka setelah kita mengamati secara empiris fenomena yang ada, maka dirasa perlu bagi kami untuk menjelaskan secara terperinci tentang “ Doktrin Kepercayaan Islam ’’. Agar orang islam dapat memahami dan dapat memakai hakikat islam sesungguhnya.

DOKTRIN KEPERCAYAAN ISLAM

A. Pengertian Doktrin

Doktrin berasal kata inggris “ doctrine ” yang berarti ajaran norma yang diambil dari wahyu yang diturunkan tuhan, atau pemikiran mendalam dan filosofis yang diyakini menandung kebenaran.

B. Memahami Agama Islam

Kata Islam barasal dari bahasa arab yang berarti kepatuhan. Dalam pengunaanya di aspek religius. Kepatuhan itu biasanya kepatuhan kepatuhan Allah.

C. Munculnya Agama Islam

Di arab, masa sebelum islam dikenal sebagai masa kebodohan. Dunia ini didalami oleh mayoritas pengangguran yang politeistis. Takhayul sangat berpenaruh dalam rutinitas sehari-hari, dan itu terlihat jelas dikota mekkah di arab bagian barat, pusat ekonomi dan agama.

Muhammad lahir sekitar 570 M. Islam diciptakan oleh Allah untuk meringatkan orang-orang arab tentang adanya hari penghakiman. Dan untuk membawa mereka. Dalam kepatuhan mutlak terhadap Allah , satu-satunya tuhan yang wajib disembah.

Dalam menjalankan misinya, ada banyak tantangan di mekkah karena agama ini mengancam keseimbangan religius dan ekonomi kota. Namun yang percaya ajaran itu, menyebarkan kemadinah . Pada 622 M, Muhammad pindah kemadinah untuk menghindari aniaya. Peristiwa disebut Hijrah – titik mulanya kalender islam.

Muhammad adalah seseorang yang berkepribadian dan berkemauan kuat. Administrator yang berpengaruh dengan kemampuan yang membuat pengikutnya merasa dihargai dan diperlakukan dengan adil. Keterampilan dan kesetiaan para pengikutnya memampukan agama baru itu menyebar dengan diseluruh jazirah arab. Setelah kematian Muhammad pada 632 M. para kholifah ( pengganti nabi ) membawa ke afrika, Asia sampai keeropa selatan. Kurang seabad dari kematian Muhammad, Islam menjadi agama yang mencakup seluruh struktur ekonomi, budaya dan politik.

Demikian uraian lengkap asal mula islam semoga dapat di jadikan acuan dalam memahami makalah ini dengan baik.

D. Dasar Islam

I. Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah adalah Doktrin utama dalam islam yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Ia adalah dimensi Ta’abbudi yang terkait dengan petunjuk dan pertolongan Allah atas Hambanya.

Bentuk pernyataan pengakuan terhadap Allah berimplikasi pada pada pengakuan lainnya yang berhubungan dengannya. Seperti dzat Allah, sifat-sifat Allah, kehendak Allah, perbuatan (af’al Allah ) ia merupakan refleksi dari Tauhid Allah yang menjadi inti pelajaran islam.

# Kemustahilan Menemukan Zat Allah

Allah adalah maha esa, baik dalam zat, sifat maupun perbuatan.

Esa dalam dzat artinya: Allah itu tidak tersusun dari beberapa bagian yang terpotong-potong dan diapun tidak mempunyai sekutu.

Esa dalam sifat artinya: tak seorangpun yang memiliki sifat-sifat seperti sifat yang dimiliki Allah.

Esa dalam perbuatan artinya : tidak seorang yang mampu mengerjakan sesuatu yang menyerupai perbuatan Allah.

Allah menganugrahkan manusia akal sebagai pembeda dengan makhluk lainnya. Tetapi tetap dalam ruang lingkup yang terbatas, artinya ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan dengan akal. Salah satu yang tidak dapat diselesaikan oleh akal adalah tentang dzat Allah. ( Qs. Al-An`am )

# Argumen Keberadaan Allah

ada tiga teori yang menerangkan asal kejadian alam semesta yang mendukung keberadaan tuhan.

1. paham yang mengatakan alam semesta ini ada dari yang tidak ada (creation ex- nihilo )

2. paham yang mengatakan bahwa alam semesta alam ini berasal dari sel ( jauhar ) 3. paham yang mengatakan bahwa alam semesta itu ada yang menciptakan.

Masalah yang kemudian muncul dari teori yang ketiga ialah: siapa yang mencipta alam semesta ini ?

Konskuensi logis dari iman kepada Allah adalah keharusan mengimani ajaran Allah dan segala yang datang dan bersumber dari Allah, seperti mengimani malaikat Allah, kitab-kitab Allah, hal-hal yang gaib seperti hari qiamat, alam kubur, syurga dan neraka.

2. Iman kepada malaikat, kitab Allah, Rasul dan ketetapan Allah

a. Malaikat Allah

Malaikat Allah adalah makhluk ciptaan Allah yang special, yang benar-benar mengabdi untuk menuntaskan kehendak ilahi. Tidak seorang pun mengetahui hakikat malaikat kecuali Allah dan orang-orang yang telah ditentukan olehnya, karena tidak didapatka satu nas pun bentuk dan hakikat malaikat( M. Thahir Abd Mui, 1986 : 150 )

Jumlah malaikat itu banyak dan tidak dapat diketahui secara pasti. Namun dari jumlah mereka yang banyak itu wajib diimani hanya sepuluh malaikat.

b. Kitab-Kitab Allah

kitab suci adalah alat yang melaluinya Allah berkomunikasi dengan ummat manusia.

ayat-ayat Allah yang merupakan ajaran-ajaran dan tuntutan dapat dibedakan menjadi dua yakni tertulis dan tidak tertulis.

Adapun yang tertulis terformulasikan dalam empat kitab: Taurat, zabur, injil dan Al-Qur’an. Yang terakhir adalah yang paling penting, karena fakta bahwa Al-Qur’an di berikan paling terakhir dan karena semua kitab yang lain telah berubah dan rusak( Qs: Al-Baqoroh (2): 213 )

c. Rasul-Rasul Allah

Doktrin islam mengajarkan agar setiap orang islam beriman kepada semua Rasul yang diutus oleh Allah SWT.

Secara bahasa , Rasul ( inggris: messenger, apostle ) adalah orang yang diutus. Artinya ia diutus untuk menyampaikan berita rahasia, tanda-tanda yang akan datang, dan misi atau risalah . secara termonologi Rasul adalah orang yang diutus oleh Allah SWT untuk memyampaikan kepada ummatnya.

Diantara tugas yang diemban oleh seorang Rasul adalah:

1. Mengajarkan tauhid dengan segala sifat-sifatnya

2. Mengajak ummat manusia agar hanya menyembah dan meminta pertolongan kepadanya.

3. Mengajarkan kepada manusia agar moral dan Akhlak yang mulia.

4. Mengajarkan manusia norma kehidupan agar selamat didunia dan akhirat.

5. Mengajak manusia agar semangat kerja dan berusaha.

6. Mengajak manusia agar tidak mengikuti hawa nafsu.

7. Menyampaikan berita-berita yang bersifat Ghaib ( A. Hafizh Dasuki: 157 )

Jumlah Nabi dan Rasul tidak dapat diketahui secara pasti namun ada sebagian ulama’ yang mengatakan bahwa jumlah Nabi itu 124.000 Orang dan Rasul sebanyak 313 orang. Adapun jumlah Nabi dan Rasul yang pada umumnya diketahui sebanyak 25 orang.

d. Hari Akhir ( qiamat )

qiamat adalah masa dimana Allah akan menghalangi semua umat manusia roh dan binatang menurut apa yang telah mereka lakukan. Hari yang dikenal dngan berbagai istilah hari kebangkitan, hari penghakiman yang mana hal ini tidak dipercayai oleh orang yang tidak beriman.

e. Ketetapan

Ketetapan adalah kepercayaan bahwa baik dan buruk sudah ditetapkan oleh Allah sebelumnya.

Oleh karena itu orang islam memandang segala peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka sebagai nasib yang terjadi kehendak Allah.

BAB III

A.kesimpulan

Setelah memahani tentang Doktrin kepercayaan dalam islam maka dapat kita tarik kesimpulan:

a. Doktrin berasal dari bahasa Inggris doctrin’’ yang berarti ajaran atau norma yang diambil dari wahyu yang diturunkan tuhan, atau pemikiran mendalam filosofis yang diyakini mengandung kebenaran.

b. Doktrin kepercayaan islam itu meliputi 6 aspek yan harus diyakini kebenarannya. Dan 6 aspek itu dalam islam dinamakan “ Rukun Iman ’’ yaitu :

1. Iman kepada Allah

2. Iman kepada Malaikat Allah

3. Iman kepada Kitab-kitab Allah

4. Iman kepada Rasul-rasul Allah

5. Iman kepada Hari akhir

6. Iman kepada Qodo’ dan Qodar

c. Terminologi iman tidak hanya sekedar kepercayaan dan pengakuan adanya Allah tetapi mencakup dimensi pengucapan dan perbuatan-keyakinan atau pengakuan merupakan gerbang utama keimanan.

d. Keyakinan itu adanya dihati. IQ merupakan pengakuan yang sngguh-sungguh tentang kebenaran adanya Allah yang Maha Esa. Keyakinan ini selanjutnya diikuti dengan suatu pernyataan lisan dalam bentuk melafalkan dua kalimat syahadat dan direalisasikan dalam bentuk perbuatan ( amal ) unsur kerja yang nyata.

DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. H. Abudin Nata. Metodologi studi islam. PT. Raja grafindo persada. Jakarta.

. Willian J. Soal. Reading muslim for Christ. Moody prees Chicago 1991.

. Atang Abd Hakim. Jai mubarok. Metodologi Studi Islam.

 

2 thoughts on “Doktrin Kepercayaan Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s