Suara Hati Insani

Suara hati adalah suara halus dan murni datang langsung dari kesadaran sang Hidup yang ada di dalam diri kita paling dalam yang bersih dan jujur, tanpa pertimbangan dalam memberikan jawaban.
Suara hati akan membawa kita kepada keselamatan dan kebahagiaan, asalkan kita dapat mendengarkannya dengan jelas dan meyakininya kemudian mempraktikkannya dalam kehidupan.

Suara hati tidak akan muncul atau tidak akan turut memberikan informasi yang akan membawa kesejahteraan kepada kita, bila hati nurani ( qolbun ) dalam keadaan kalut, suara hati akan hanya muncul jika hati nurani kita dalam keadaan suci, bersih dan bebas dari macam berbagai belenggu, ketika hati nurani dalam keadaan gelap atau kalut yang muncul bukanlah suara hati melainkan emosi yang akan menggerogoti akal dan dan pikiran kita yang pada nantinya akan merusak keadaan suasana disekitarnya, pada saat emosi manusia hendaknya meninggalkan semua aktivitas baik bekerja, belajar dan bergaul dengan orang disekitarnya karena, bila emosi sedang berkecamuk didalam hati nurani seorang akal dan pikirannya tidak akan dapat berpikir secara manusia atau kesadaran.

Tindakan Suara Hati

Seringkali suara hati ikut serta atau bertindak memberikan informasi pada diri kita didalam menentukan prioritas, akan tetapi kita sering mengabaikan suara hati kita sendiri hanya untuk mengikuti nafsu sesaat atau untuk kepentingan yang lain , dimana pada akhirnya hanyalah kerusakanlah yang terjadi dikemudian hari, disebabkan mengabaikan suara hati sendirinya. Suara hati merupakan acuan atau fundasimental bagi kita semua karena kalau kita akan melakukan kesalahan atau perbuatan yang akan berdampak fatal suara hatilah yang menasehati pada diri kita bahwa perbuatan tersebut terlarang dan jika kita merasa putus asa akan sesuatu suara hatilah yang memberi semangat bagi diri kita, maka dari itu janganlah abaikan suara hati kita

Kembangkanlah suara hati kita karena suara hati pada dasarnya suara hati bersifat universal ( mengambil kebijakan atau keputusan memandang dari semua sudut) dengan catatan manusia tersebut mencapai titik zero ( hatinya bersih ) karena hati kita sedang kalut suara hati tidak akan muncul, melainkan emosilah  yang muncul.

Jika kita mencermati surat As-Sajadah ayat 9, dimana Allah telah meniupkan ruh kepada manusia ketika berada di alam kandungan, dikala itu pula tuhan telah membuat suatu perjanjian dengan manusia ” bukankah aku tuhanmu”? manusia menjawab dengan wajah menganggup ” ya aku bersaksi engkaulah tuhanku“, maka anggupan itulah di termasukkan suara hati, yang masih bisa kita rasakan sampai sekarang.

Allah meniupkan ruh ke dalam diri manusia, yang tidak diberikanNya kepada makhluq bumi yang lain. Karena manusia mempunyai ruh, otomatis ia mempunyai kekuatan ruhaniyah yaitu akal. Dengan akal itu manusia mempunyai kesadaran akan wujud dirinya. Dengan otak sebagai mekanisme, akal manusia dapat berpikir dan dengan qalbu (suara hati) sebagai mekanisme akal manusia dapat merasa. Allah menciptakan manusia dalam keadaan, ” ahsani taqwiym” (95:4), sebaik-baik kejadian.

Kemampuan akal untuk berpikir dan merasa bertumbuh sesuai dengan pertumbuhan diri manusia. Agar manusia dapat mempergunakan akalnya untuk berpikir dan merasa, ia perlu mendapatkan informasi dan pengalaman hidup. Jadi suara hati

Antara Suara  DanHasrat

sesungguhnya manusia, dapat dipastikan mempunyai dorongan untuk berbuatbaikdikarenakan ada dorongan suara hatinya yang bersifat baik akan tetapi manusia sering mengabaikan disebabkan dipicu oleh keinginan atau hasrat yang bertentangan dengan suara hatinya.

Nah sekarang yang dipertanyakan  bagaimanakah seumpama kita dihadapkan pada dua persoalan yang bertolak belakang, apakah suara hati yang harus didahulukan atau keinginan? Maka jawabannya adalah suara hati yang  harus didahulukan karena suara hati  itu berasal dari tuhan yang selalu memberikan umatnya petunjuk disaat mereka senang susah atau sedih dan disaat umatnya sedang dalam keadaan membingungkan apapun yang dihadapi setiap umatnya

Sedangkan keinginan pada dasarnya hasrat nafsu yang sesaat, dimana kita penasaran untuk mencoba atau memilikinya, Keinginan kita biasanya dipengaruhi oleh emosi dan nafsu yang disebabkan oleh gelapnya hati nurani. Kadang-kadang hal-hal yang tidak urgen kita butuhkan dengan pengaruh emosi dan nafsu bisa menjadi keinginan kita, sedangkan suara hati merupakan niat baik yang datang dari hasil pertimbangan baik dan buruk.

Suara hati bisa muncul kapan saja, asalkan hati nurani dalam keadaan tidak kalut, jika hal tersebut terjadi yang keluar bukanlah suara hati melainkan emosi. Bertindak sesuai dengan moral seprti halnya adil, jujur, dan sopan  merupakan bersifat mutalak dan tidak bias ditawar lagi dan tidak mempermasalahkan untung dan rugi

Manusia yang unik ini mempunyai pikiran dan disisi lain binatang juga mempunyai pikiran, buktinya seekor kucing jika melihat tikus atau ikan dapat dipastikan kucing tersebut akan memakannya, hal tersebut membuktikan bahwa hewan mempunyai akal atau pikiran. Akan tetapi pikiran hewan tidak sama dengan pikiran manusia, akal atau pikiran hewan cuman digunakan untuk mengatasi hidupnya saja, lain dengan halnya manusia yang mempunyai pikiran atau dipergunakan untuk mengatasi segala macam permasalahan.

Manusia bukanlah seperti halnya binatang buas, yang mempunyai daya pikir untuk mempertahankan hidupnya saja, melainkan manusia adalah makhluk ciptaan allah yang paling mempunyai pemikiran yang sempurna sehingga dapat mengatasi permasalahaannya dengan cara meningkatkan daya pikirnya, dan kadang pula meskipun demikian, telah nampak sifat-sifat binatang, didalam pikiran manusia sehingga seenaknya sendiri ia beertindak —pada akhirnya tidak ada bedanya antara hewan dan manusia, sehingga manusia berbuat sewenang-wenang yang penting dirinya bisa mendapatkan yang ia inginkan, dan pengaruhnya hanyalah kerusakan yang timbul dimuka bumi, tindakan tersebut dapat terjadi kepada siapa saja kalau mengabaikan suara hatinya.

Sebenarnya Ketika kita akan melakukan perkara yang tercela atau dilarang oleh agama sebenarnya suara hati kita memberi nasehat pada diri kita bahwa perbuatan tersebut jangan sampai dilakukan karena berdampak negative pada akhirnya, akan tetapi suara hati sering diabaikan dikarenakan dipicu oleh keinginan atau hasrat.

Sebenarnya didalam suara hati kita terdapat sumber kejujuran dan sumber kebenaran yang sangat luas. Bila kita mampu menyelami suara hati kita secara mendalam, maka kita akan mempunyai potensi yang sangat tinggi, karena dengan kejujuran dan kebenaran yang hakiki hidup kita akan bermakna dan lebih berharga, baik secara hubungan horisontal maupun vertical.

jadi manusia akan mempunyai sifat seperti binatang buas yang akan menghancurkan sesamanya kalau sering mengedepankan hasratnya dan mengabaikan suara hatinya.

suara hati sebagai prinsip hidup

Hidup tanpa berpegang atau tidak sesuai dengan suara hati, akan menimbul hal-hal yang tidak sesuai dengan tatanan hidup dan akan berakhir dengan kegagalan, baik kegagalan batiniah maupun lahiriah. Seperti halnya sebuah tradisi yang telah berjalan di Negara jepang dimana disitu ada budaya hara-kiri, tatkala seseorang yang merasa berputus asa didalam berusaha atau bersalah, mereka menyakhiri hidupnya dengan cara merobek perutnya dengan pedang katana. Jembatan golden gate difransisco adalah sebagai tempat bunuh diri yang sangat popular diamerika, yang begitu mengagumkan paham kspitalisme.

Dan paham Dructer dalam bukunya “ management by  Objective” hanyalah menghasilkan sebuah kesuksesan dibidang ekonomi dan teknologi, akan tetapi hatinya kering dan lalai, tidak mendapatkan ketentraman batin. Dan aliran taolisme yang mengagumkan keseimbagan batin, namun pada kenyataanya menghasilkan manusia dari tanggung jawab ekonominya. Ada juga dale carnagie yang sangat mendambakan penghargaan dimana hal tersebut yang mempengaruhi jutaan orang dibelaham dunia dalam bertingkah laku, seakan-akan dirinya merasa menjadi orang termulia dengan sebuah penghargaan tersbut. Dan kisah romeo dan Juliet yang rela berkorban jiwanya hanya karena sebuah cinta.

Sejarah telah mencatat bahwa bahasannya hidup tidak sejalan dengan suara hati atau  mengabaikan suara hati akan berakhir dengan kehancuran dan kesengsaraan seperti halnya contoh diatas.

.  Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. dan Sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka Mengetahui. (An.Kabut)

Ayat diatas telah memberikan ilustrasi pada kita semua bahwa persoalan apabila menghiraukan saura hati dan mengambil jalan yang lain maka yang terjadi hanyalah kehancuran. Karena suara itu sebagai mana yang telah disebutkan diatas bahwa bahasannya suara hati merupakan sebuah tiupan atau petunjuk yang datang dari  tuhan yang telah dipancarkan  kedalam hati nuarani kita[].

One thought on “Suara Hati Insani

  1. Saya ingin mengajukan soalan. Saoalan nya ialah saya sekarang berumur 28 tahun dan saya sentiasa mendengar suara yang selalu menasihati saya. Adakah itu suara hati? jika benar itu suara hati kenapa pada umur 28 tahun baru saya boleh dengar? Kenapa saya tidak boleh dengar dari kecil lagi atau pun dalam umur belasan tahun?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s